Sukses

Berhubungan Saat Menggunakan Kontrasepsi Hormonal

20 Oct 2014, 08:48 WIB
Pria, 31 tahun.
isteri lg program suntik KB 3 bulan bolehkah saya berhubungan intim sama isteri?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Pertama, izinkan saya menjelaskan tentang kontrasepsi hormonal 3 bulan. Kontrasepsi suntikan 3 bulan adalah long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg. Kerja dari hormon ini memang menekan terjadinya ovulasi dan penebalan dinding rahim sehingga tidak terjadi menstruasi atau menstruasi sedikit. Dengan kontrasepsi ini, tentu anda masih bisa berhubungan dengan istri anda, karena istri anda sudah dalam kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Pengembalian kesuburan setelah penghentian KB 3 bulan ini berkisar antara 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Hal ini dikarenakan tubuh ibu sedang menyesuaikan hormonal menjadi alami kembali. Tidak ada obat atau cara pasti untuk mendapatkan menstruasi kembali. Seiring dengan waktu dimana hormonal ibu sudah kembali normal, maka ibu akan mendapatkan siklus menstruasi seperti biasanya.

Perlu saya beritahukan bahwa ibu tidak mendapatkan menstruasi bukan artinya darah ibu berkumpul di rahim dan tidak keluar sehingga badan ibu tidak enak. Darah menstruasi berasal dari meluruhnya dinding rahim akibat tidak terjadinya pembuahan. Dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan kehamilan setiap kali siklus terjadi. Pada saat ibu memakai kontrasepsi KB suntik 3 bulan, akibat dari pengaruh hormonal suntikan, dinding rahim ibu tidak menebal sehingga tidak ada yang perlu diluruhkan dan memang tidak akan terjadi menstruasi. Pada saat ini pun tubuh ibu sedang menyesuaikan  dengan hormonal yang ada.

Sekian, semoga penjelasan saya dapat dimengerti dan ibu tidak perlu khawatir lagi atau merasa tidak enak apabila belum mengalami haid. (AN)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar