Sukses

Anak Sering Melukai Diri Sendiri

15 Nov 2013, 16:45 WIB
Wanita, 22 tahun.
DOK, SAYA SEORANG GURU MUDA. ADA ANAK KELAS 2 SD ATAU UMURNYA SEKITAR 8 TAHUN, HYPERAKTIF. KEMARIN MINGGU, DIA TERJATUH DAN MENGAKIBATKAN KEPALA BERDARAH DAN HARUS DIJAHIT 3 JAHITAN. TERNYATA BEBERAPA MINGGU YANG LALU ANAK TERSEBUT TANGAN NYA YANG TERKENA BELING/KACA DAN HARUS DIJAHIT 7 JAHITAN. DAN HARI INI DIA MAIN SILET SAMA TEMANNYA, TERNYATA BERDARAH LAGI. YANG SAYA MAU TANYAKAN APAKAH ANAK INI MENGALAMI GANGGUAN MENTAL KARENA WAKTU TUBUHNYA BERDARAH DIA TIDAK MENANGIS SEDIKIT PUN. TERUS BAGAIMANA SOLUSI NYA KAMI SEBAGAI SEORANG GURU.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya turut prihatin dengan keadaan murid Anda tersebut. Dari cerita yang Anda berikan, bisa jadi anak tersebut mengalami gangguan kepribadian. Tentu jika Anda memiliki kecerdasan yang baik dan dapat mengikuti kegiatan di sekolah kemungkinan bukanlkah gangguan mental berat. Namun jika anak tersebut suka bermain ebrlebihan, tidak bisa diam, dan tidak takut akan rasa sakit, bsia jadi merupakan pertanda hal yang perlu diperhatikan secara khusus.

Tentu sulit bagi saya menegakkan diagnosis tanpa pemeriksaan langsung. Bagi Anda sang guru, saya menyarankan agar Anda memeprhatikan anak tersebut secara khusus dan komunikasikan kondisi anak ini pada orang tuanya, agar orang tua mengetahui keadaan perkembangan anaknya. Jika hal ini menganggu teman sekitar, atau Anda merasa anak ini semakin membahayakan dirinya, Anda dapat mempertimbangkan agar anak ini dikonsultasikan pada psikiater.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar