Sukses

Mudah Tersentuh dan Menagis

15 Nov 2013, 15:11 WIB
Wanita, 20 tahun.
*dok kenapa saya terlalu sekali kalau melihat orang kesusahan,, selalu nangis kalau sedikit saja melihat mereka susah, apalagi kalau lihat kakek2 dan nenek jalan kaki, smbil bungkuk2, terkadang menangis sendiri, padahal mreka bukan siapa2 ,, apa ini sikap tidak normal, atau ada yang aneh dalam diri saya dok, soalnya hampir setiap hari saya menangis ,gara2 itu saja
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti rasa khawatir yang anda rasakan.

Saya menghargai rasa simpati yang anda miliki terhadap orang yang kesusahan. Kemampuan dalam menghargai dan turut merasakan penderitaan orang lain merupakan nilai manusiawi yang membuat anda "manusia". Namun perlu anda perhatikan bahwa perasaan simpati yang berlebihan tidaklah baik, dalam jumlah yang normal itu akan memberikan nilai manusiawi dalam hidup anda. Bagaimana jika anda menyalurkan perasaan anda terhadap hal yang positif seperti bergerak dalam bidang sosial untuk membantu mereka yang kesusahan, sehingga dari pada anda menangis namun berdiam diri, ada hal konkret yang anda lakukan untuk membantu mereka.

Jika berlebihan seperti pada kasus anda, itu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika keluhan ini sudah menggangu anda, saya sarankan agar anda berkonsultasi ke dokter psikiater.

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar