Sukses

Perut Berbunyi dan Radang Usus

20 Oct 2014, 11:10 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat siang dok. Dok saya ingin bertanya, kok perut saya sering sekali ya berbunyi seperti yang kelaparan? Padahal saya selalu makan tepat waktu. Bunyi perut yang sering ini saya alami setelah saya mengalami diare sekitar 5 bulan lalu, 2 minggu setelah saya sembuh dari diare, saya mengalami pusing setelah makan disertai keringat dingin dan sakit perut yang berlebih seperti melilit dan kram. Setelah saya ke dokter, dokter mendiagnosis ini adalah maag. Lalu dokter memberikan obat. Tetapi setelah sudah sembuh dr maag itu, perut saya sering sekali berbunyi, bahkan ketika saya tidur bunyi perut masih sering terjadi. Setiap hari dok. Malahan kalo saya tidur terlentang, dibagian perut atas dan tengah seperti berdetak kaya detak jantung. Kalo saya tekan seperti ada angin. Saya pernah nonton sebuah acara televisi swasta ttg dunia medis, dan kebetulan acara tv trsbt sedang membahas bunyi perut. Dan ciri2 yang saya sebutkan di atas sama seperti yang diutarakan oleh dokter di acara tv tersebut, yaitu radang usus. Apakah benar yang saya alami ini adalah radang usus? Terimakasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti kekhawatiran yang anda rasakan. Bunyi usus merupakan komponen normal dalam hidup manusia. Bunyi usus merupakan tanda bahwa usus anda bekerja dengan baik dan pencernaan anda bekerja. Namun terdapat beberapa keadaan dimana usus anda akan bekerja lebih cepat, yaitu salah satunya adalah keadaan diare, dimana usus anda akan melakukan gerakan usus lebih cepat sehingga akan terdengar bisisng usus yang meningkat.

Sedangkan, radang usus besar atau disebut kolitis adalah peradangan akut atau kronik pada membran mukosa dari usus besar. Radang tersebut dapat menyebabkan luka yang disebut dengan ulkus. Radang usus besar dapat menimbulkan keluhan berbagai macam, seperti nyeri perut, diare, BAB berdarah, mulas, demam, dan nafsu makan berkurang.

Akan tetapi gejala-gejala tersebut bersifat sangat individual, dan tidak semua orang yang menderita radang usus akan mengalami seluruh gejala tersebut. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu. [AN]

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

 

 

    1 Komentar

    • Rizkydwi Sasongko

      Dok saya juga tanya saya usia 27th pria.. Awalnya saya tidur menggunakan kipas angin lalu pagi hari nya perutku bunyi gemuruh dan kerucuk2 gitu serasa dalam perut berisi angin, lalu saat sendawa rasa tidak enak dan bau,kemudin bab air dan sering banget, badan sampai lemas, apa saya hanya masuk agin?