Sukses

Nyeri Dada dan Kolesterol

19 Oct 2014, 23:42 WIB
Wanita, 29 tahun.
trakhir saya pernah chekup darah kolesterol bln 6 terakhir msh tinggi kolesterol sy,brp nya saya lupa. saya suka terasa nyeri di dada gt dokter sama susah tuk bernafas taw pun berat kalau mau narik napas. apa ada hubungannya dgn penyakit jantung? keringat saya suka berlebihan keluar. suka berdebar jantung saya kalau merasa kecapek'an dikit. thnx atas bantuannya dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya mengerti bahwa anda pasti khawatir dengan keluhan Anda.

Pertama perlu anda ketahui bahwa keluhan nyeri dada bisa bersumber dari berbagai organ, bisa dari paru, jantung, lambung atau dari otot tulang.

Apabila nyeri dada dari organ paru, biasanya nyeri ditambah dengan keluhan sesak nafas, batuk produktif, demam. Sedangkan jika nyeri dada jantung (angina), berhubungan dengan akivitas, nyeri dada seperti tertimpa benda berat dan terdapat keringat dingin. Nyeri dada dari lambung dapat disertai dengan keluhan mual muntah, berhubungan dengan makanan.

Sayangnya Anda tidak terlalu jelas menggambarkan nyeri dada yang Anda alami, apakah hilang sendiri atau apakah timbul selama lebih dari 5 menit? Apakah saat nyeri timbul Anda tidak dapat melakukan apapun atau bahkan sulit bernapas?

Saat ini karakteristik nyeri Anda tidak spesifik mengarah ke keluhan terkait jantung. Masih ada kemungkinan ini dikarenakan kram otot atau nyeri lambung atau hal lainnya. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan obat nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan pemicu nyeri dada Anda? 

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, dibutuhkan pemeriksaan tambahan, seperti EKG, untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami disebabkan karena penyakit jantung. Setelah pemeriksaan EKG, dilakukan juga pemeriksaan laboratorium enzim jantung, yaitu CK, CK-MB, dan Troponin kardiak (I dan T). Pemeriksaan imaging seperti Echocardiografi dilakukan jika pada pemeriksaan fisik oleh dokter ditemukan kelainan yang mengarah pada gangguan fungsi jantung. Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti :

  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus
  • Usia lanjut
  • Obesitas (IMT > 25 mg/m2)
  • Kebiasaan kurang bergerak/aktivitas fisik
  • Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita)

Oleh sebab itu, apabila Anda merasakan keluhan ini mulai menggangu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan yang lebih lengkap akan menunjukkan apakah ada penyebab lain.

Berikut adalah artikel seputar Sakit Jantung:

Penyakit Jantung Koroner

Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat bagi Anda. (AN)

Salam

Tim redaksi KlikDokter

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar