Sukses

Gigi Geraham Tidak Tumbuh

15 Nov 2013, 13:29 WIB
Wanita, 29 tahun.
Siang dok, mau tanya saya susah 29 tahun. tapi kok gigi graham belakang saya baru tumbuh ya? itu pun seluar dari gusinya sedikit demii sedikit ya? kenapa ya? trima kasish
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Saudara.

Saya mengerti rasa khawatir yang anda rasakan. Gigi graham bungsu  atau gigi molar 3 yang tumbuh dalam rongga mulut memang sering minumbulkan masalah yang disebabkan tumbuh dalam posisi yang tidak semestinya, salah satunya seperti yang Saudara alami, pipi yang tergigit itu dikarenakan posisi dari gigi molar 3 yang tidak normal. Dalam  masalah yang Saudara alami solusinya dapat berupa pencabutan dari gigi tersebut, karena mengingat akibat  ditimbulkan dan fungsi gigi molar 3 yang sebernarnya tidak begitu maksimal dalam mulut. Pencabutan gigi molar 3 yang tumbuh sempurna biasa dilakukan dengan pencabutan biasa namum pada posisi tertentu yang tumbuh tidak sempurna atau normal maka pencabutan dilakukan dengan operasi minor.

Untuk perawatan luka pada pipi Saudara yang tergigit sebaiknya mengindari dulu makanan yang merangsang seperti asam, pedas dan panas, serta gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Jagalah kebersihan rongga mulut dan gigi Saudara, karena posisi gigi yang tidak normal rentan menjadi tempat sisa makanan terselip yang kemudian dapat menjadi sarang bakteri dan bisa mencetuskan keradangan gusi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar