Sukses

Cairan di Sendi

20 Oct 2014, 09:59 WIB
Wanita, 50 tahun.
dok saya mau tanya kenapa ibu saya ada cairan dilutut ya??apa penyebabnya??gejalanya rasa ngilu2 dan bengkak pas di cek d dokter ternyata ada cairan dilutut yang bengkak??kenapa bisa ada cairan dilutut dan ini disebabkan karena apa??kalau ada cairan dilutut itu penyakit apa ya??mohon infonya.tks
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Saya memahami keadaan yang ibu anda alami saat ini, cairan sendi yang berada dibawah sendi lutut dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya adalah infeksi atau peradangan sendi atau osteoarthritis.

 

Osteoarthritis (OA) merupakan proses degenerasi tulang. Gejala yang timbul biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh. Timbul juga nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, ketergantungan kepada obat dan orang lain, bahkan depresi.

Biasanya, keluhan ini lebih banyak melanda perempuan, terutama pada masa menopause di mana tulang-tulang mulai rapuh. Osteoarthritis dapat disembuhkan dengan berbagai cara tergantung pada tingkat kerusakannya. Pada tingkat yang ringan, penderita cukup mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengubah pola makan serta posisi tubuh saat beraktivitas.

Terapi obat-obatan berupa antinflamasi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi.

Penyuntikan (injeksi) kortikosteroid pada sendi dapat mengurangi nyeri untuk sementara, namun injeksi ini tidak boleh sering diulang karena merupakan dapat menyebabkan destruksi tulang.

 

Tatalaksana terhadap OA secara umum dapat dibedakan menjadi tatalaksana non bedah dan bedah. Tatalaksana non bedah berupa obat-obatan, perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas.

Perubahan pola makan dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol yang dapat meningkatkan berat badan dan memperberat OA yang terjadi. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna secara seimbang serta perbanyak buah dan sayur.

 

Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang berjudul Osteoartritis.

Namun tentu diagnosis lain juga masih mungkin, oleh karena itu diperlukan pemeriksaan fisik langsung terhadap diri anda oleh seorang dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan ibu anda lekas sembuh. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar