Sukses

Apakah Saya Cemas?

15 Nov 2013, 11:51 WIB
Wanita, 23 tahun.
Keluhan yang selama ini saya alami adalah jantung sering berdebar-debar itu menurut saya dikarenakan takut, khawatir berlebihan,dan kalau lagi banyak masalah suka berfikir sendiri tanpa memperhatikan pola makan dan sampai terkena asam lambung yang tinggi yang mengakibatkan jantung saya sering berdebar-debar dan kaki saya sering terasa dingin. Dan kemarin saya pernah periksa ke dokter, katanya jantung saya lemah. Dan disini yang mau saya tanyakan, apakah saya terkena resiko penyakit jantung? atau penyakit apakah yang saat ini saya alami? Sebelumnya terima kasih karena saya sudah bisa menuangkan penyakit saya.. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Saya mengerti rasa khawatir yang anda rasakan.

Dari cerita yang anda ceritakan, bisa jadi anda menderita gangguan cemas. Rasa cemas berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, kualitas hidup dan terutama mengganggu sistem imunitas tubuh sehingga mudah sakit. Perbedaan dengan penyakit sesungguhnya adalah pada gangguan cemas berlebihan, dari semua keluhan yang muncul, jika dilakukan pemeriksaan fisik maka tidak ditemukan kelainan apapun. Rasa cemas berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan emosional dan psikologis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi secera keseluruhan derajat kesehatan seseorang secara fisik. Rasa cemas berlebihan tidak secara langsung disebabkan karena penyakit tertentu.Gangguan cemas  dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Atau keluhan-keluhan lain yang bervariasi, dan terutama rasa cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu.

Gangguan cemas dapat diatasi dengan menenangkan diri. Namun, jika tidak dapat diatasi sendiri dan mengganggu kualitas dan kenyamanan hidup, maka perlu bantuan obat-obatan. Untuk menegakkan diagnosis tentu memerlukan pemeriksaan langsung terhadap diri anda. Bila anda ingin mendapat pengobatan, anda dapat konsultasi ke dokter specialis psikiatri (kejiwaan).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar