Sukses

Hidung Tersumbat Bergantian

15 Nov 2013, 10:41 WIB
Pria, 26 tahun.
Pagi dok.. Saya laki laki umur 26 th,Tb 164/64..Saya mau tanya hidung saya slalu mampet kalo keadaan dingin kurang lebih 1 th terutama kalo mau tidur(suka pake kipas angin),kalo saya miring kanan lubang kanan mampet,kalo miring kekiri lubang kiri mampet,keadaan ini tidak mengganggu aktifitas saya justru kalo sering gerak atau berkeringat karena aktifitas malah hidung terasa lega..saya pernah kedokter kata dokter saya pilek tapi cairanya kentel trs saya dikasih obat buat ngencerin ingus tp hasilnya NIHIL ga sembuh,trs ke dok.THT dugaan sementara diakibatkan amandel tp amandel saya baik baik saya tdk membesar,trs disuruh hisap cairan seketika langsung top cer ngeplong (sayang g dijual diapotik)..sangat mengganggu aktifitas tidur saya (pake banget)..saya perokok dari SMA dan saya ga suka makanan /minuman dingin..kira kira sakit apa y dok dan apa yg hrs saya lakukan..tolong dibantu terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Dari keluhan yang anda rasakan bisa jadi nada menderita alergi atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah rhinitis alergi. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang reaksi alergi. Alergi adalah gangguan dari sistim kekebalan tubuh yang dicetuskan oleh alergen atau zat pencetus alergi. Alergi dalam hal ini adalah hipersensitivitas terhadap alergen. Faktor risiko dari alergi diantaranya adalah ras, genetik (keturunan), jenis kelamin, usia, dan lingkungan (infeksi, polusi, makanan, kadar alergen).

Selain rhinitis alergi, diagnosis yang mungkin anda derita adalah rhinitis vasomotor, dimana biasanya menyerang hidung bergantian dan diecetuskan oleh rokok. Namun untuk menegakkan diagnosis tentu harus dilakukan pemeriksaan langsung apda diri anda. Saya menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter THT secara langsung.

Sekian, semoga penjelasan saya diatas dapat dimengerti. (AN)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar