Sukses

Bnetol Kemerahan di Kulit

17 Oct 2014, 21:50 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok,saya baru2 ini mengalami biduran setelah saya bersalin(pada saat masa nifas) Padahal saat sebelum dan saat hamil saya tidak pernah mengalami nya. Yang mau saya tanyakan apakah penyebabnya? Pdhl saya sudah selesai masa nifasnya Ada tidaknya pengobatan untuk penyakit tersebut? Atau ada tidak obat yang dapat saya konsumsi karena Saya masih memberikan ?si ekslusif Thanks, Meri
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya turut prihatin dengan kondisi Anda.

Jika benar yang anda alami berupa biduran, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

  1. Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
  2. Makanan
  3. Gigitan/sengatan serangga
  4. Trauma fisik
  5. Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  6. Infeksi (bakteri, virus, cacing)
  7. Gangguan emosional
  8. Faktor keturunan
  9. Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Obat alergi yang diminum jangka panjang, efeknya individual dan biasanya mencakup rasa mengantuk, lemas dan lesu. Obat-obat alergi yang ada saat ini sudah termasuk obat alergi yang aman asalkan dikonsumsi dengan dosis yang benar. Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Hidup dengan alergi memang bukan sesuatu yang mudah, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Berolah raga teratur juga dapat membantu mengatasi alergi sehingga lebih terkontrol. Cobalah untuk melakukan tips-tips di atas terlebih dahulu dan lihatlah perkembangannya.


Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

 
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar