Sukses

Penanganan Stroke

19 Oct 2014, 11:46 WIB
Pria, 60 tahun.
Saya terkena stroke ringan 7 bulan lalu dan dalam perawatan. Masih ada rasa sedikit sempoyongan dan badan sebelah kanan terasa panas. Kawan menyarankan untuk DSA. Apakah tindakan DSA ini bisa menyembuhkan? Tks.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

 

Apakah yang Anda maksud dengan DSA adalah digital substraction angiography?

Jika ya, prosedur ini adalah suatu teknik untuk memperlihatkan pembuluh darah pada daerah sulit. Kebanyakan digunakan untuk diagnosis adanya penyumbatan atau masalah di pembuluh darah atau menentukan lokasi perdarahan. Bila terjadi suatu stroke akut yang sulit diketahui penyebabnya, pemeriksaan ini dapat akurat.

Sedangkan untuk terapi, DSA dapat digunakan untuk stroke yang terjadi bukan karena perdarahan untuk memecah sumbatan dengan pemberian obat.

Pada kasus Anda, perlu diketahui terlebih dahulu jenis stroke yang Anda alami sebelumnya. Penyembuhan stroke juga biasanya membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Dalam masa pemyembuhan stroke tetap perlu diketahui fungsi-fungsi saraf Anda. Terkadang yang dibutuhkan untuk mengatsi keluhan paska stroke adalah rehabilitasi medik atau latihan fisik pada daerah yang terganggu. Fungsi-fungsi saraf perlu diketahui untuk dapat melakukan rehabilitasi medik terhadap fungsi-fungsi yang menurun atau rusak. Rehabilitasi medik ini sangat penting agar Anda dapat melakukan aktivitas harian dengan semakin baik.

Kapan Anda terakhir kontrol dengan dokter? Apa yang dokter Anda katakan tentang kondisi Anda saat ini? Setelah Anda kontrol ke dokter saraf  Anda dan mengetahui keluhan Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan dan membantu Anda menentukan pilihan penanganan yang tepat sesuai indikasi.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar