Sukses

Kencing Tidak Tuntas

15 Nov 2013, 07:38 WIB
Pria, 28 tahun.
Dokter saya ada pertanyaan nih... Saya sering kali merasa tidak tuntas saat buang air kecil/ kencing, saat kencing lancar tetapi jika habis kencing terasa masih penuh di kandung kemih saya seperti masih ada sisa... kadang saya harus ngeden untuk menuntaskannya dan itupun keluar tidak lsg tuntas, dulu sih pernah terasa perih disaluran kencing saat kencing tp sekarang sudah tidak... ini mengganggu saya karena tidak nyaman sekali... Saya pernah periksa ke dokter penyakit dalam dan sudah di USG hasilnya baik tidak ada batu ginjal, tidak ada prostat.... dokter kasih saya obat "Uretra" dan suplemen tp saya rasa masih belum sembuh... Mohon penjelasannya dan saran dari dokter, terima kasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

 

Anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dapat merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Selain itu, gejala lainnya adalah nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan  nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas.

Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya? Apakah sudah pernah dilakukan pemeriksaan urin?

Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Apabila dengan minum banyak masih juga mengalami gejala, maka kunjungilah dokter kembali karena kemungkinan Anda membutuhkan antibiotik.

Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anda selalu minum 1,5-2L/hari, jangan menahan berkemih, membasuh dari depan ke belakang alat kemaluan ketika selesai berkemih, bersihkan alat kemaluan sebelum dan sesudah berhubungan seksual serta hindari hubungan seksual yang tidak bertanggung jawab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar