Sukses

Kejang pada Anak

15 Nov 2013, 10:03 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, anak saya mengalami kejang, bibir agak kehitaman, demam dan matanya melihat kebagian atas, kelihatan bagian putihnya. Saya buru2 bawa kerumah sakit, waktu dimobil anak kurang sadar, sampai dirumah sakit, dibaringkan sebentar dikasih oxigen, anak sadar seperti sediakala, kemudian anak diinpus dan dirawat di rs selama 3 malam. Dalam perawatan dokter memberikan antibiotik, obat deman, anti kejang dan anti radang. Dugaan anak terkena virus, hasil cek darah waktu masuk, tidak ditemukan ada masalah, demikian juga pada hari ke-5 karena rasa penasaran saya minta dicek ulang, jg tidak ditemu ada masalah, dimana cek darah adalah cek DL lengkap. Setahu saya, jika terkena virus, tidak dapat dengan pemberian antibiotik, saat ini hari ke-6 anak sejak anak demam, hari ke-4 anak sudah pulang dari rumah sakit, apa yang harus saya lakukan selanjutnya? tadi malam anak mengeluhkan perutnya kurang nyaman dan sedikit sakit,apa karena pengaruh obat-obatan? please help me?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kecemasan Anda. Apakah kejang terjadi ketika anak Anda demam? Apakah Anda mengukur suhu demam anak Anda?

Antibiotik dapat diberikan sebagai pengobatan maupun juga profilaksis (pencegahan). Sebagai pencegahan digunakan untuk mengantisipasi adanya infeksi sekunder yang dapat terjadi. Anda dapat mendiskusikan lebih jauh mengenai tujuan pemberian antibiotik pada anak Anda dengan dokter yang merawat anak Anda. 

Bagaimana kondisi anak Anda saat ini? Berapa usia dan jenis kelaminnya? Apakah masih demam? Adakah diare/batuk/pilek? Apakah saat ini masih mengeluhkan perut kurang nyaman? Apakah anak Anda mau makan? Bagaimana dengan asupan cairannya? Adakah obat yang dibawa pulang dan saat ini masih dikonsumsi?

Saat ini, Anda perlu memastikan bahwa obat yang diberikan dikonsumsi, anak mau makan dan minum. Periksalah suhu tubuhnya dan perhatikan keluhan lain yang muncul. Selama anak mau makan dan minum serta suhu tubuhnya terkendali, Anda tidak perlu terlalu cemas. Jika keluhan yang muncul mengkhawatirkan maka sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter kembali untuk diperiksa secara langsung.

Semoga anak Anda segera lekas pulih.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar