Sukses

Payudara dan Berat Badan

20 Oct 2014, 10:54 WIB
Wanita, 22 tahun.
Pertanyaan Dok, saya umur 22 tahun dengan berat badan 38Kg. Sebelumnya berat badan pernah 41Kg, padahal saya sudah makan banyak, minum susu, ngemil tapi saat ditimbang lagi hasilnya sama 38Kg. bagaimana cara menaikkan berat badan lagi dok ? Dan apakah ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh berat badan Dok? ukuran payudara saya kecil, ingin segar dan berisi. Terimakasih Dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Jawaban:

Oleh: dr. Jessica Florencia - KLIKDOKTER.com

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.


Secara anatomi, payudara terdiri atas kelenjar, jaringan lemak, saraf, dan pembuluh darah. Ukuran payudara dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah genetik (keturunan) dan berat badan. Ukuran payudara akan disesuaikan dengan ukuran tubuh, apabila berat badannya kurang, maka payudara akan terlihat kecil karena secara anatomi payudara terdiri atas jaringan lemak dimana seorang perempuan dengan berat badan kurang memiliki jaringan lemak yang sedikit. Faktor yang terlihat pada Anda adalah berat badan yang kurang sehingga mungkin hal tersebut menjadi salah satu penyebab ukuran payudara Anda tidak terlalu besar.

Untuk ukuran tinggi badan Anda maka berat badan yang perlu Anda capai adalah 45-50 kg.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu,telur. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit 5 hari dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Dapat juga ditambah dengan olahraga yang berguna meningkatkan kekuatan otot seperti sit up, back up, dan biceps curl, sehingga massa otot bertambah sewajarnya (jangan khawatir akan membesar karena tidak memakai dumbell atau barbel) dan juga meningkatkan kepadatan tulang yang tentunya akan menambah berat badan anda. 
  • Istirahat yang cukup agar energi yang masuk dan keluar seimbang atau bahkan lebih besar energi yang masuk. 

  • Memperbanyak minum air putih, minimal 8 -10 gelas sehari.

Apabila makan teratur dan seimbang, biasanya akan terjadi peningkatan berat badan yang diinginkan. Tapi dengan catatan tidak mempunyai penyakit-penyakit lain seperti ada masalah gangguan tiroid, gangguan metabolisme glukosa seperti diabetes dan penyakit kronis lain. 

Selama Anda menerapkan pola hidup sehat maka Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Berikut link artikel kami yang membahas berat badan ideal:

Berat Badan Sehat

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar