Sukses

Anak Sulit Makan Buah

18 Oct 2014, 04:32 WIB
Wanita, 33 tahun.
siang dok, bagaimana cara menyiasati anak yang tidak suka minum jus atau susah makan buah? anak saya perempuan umur 2 th 2 bulan. kadang mau minum air jeruk tapi banyak tidak maunya. BAB-nya jadi susah dah keras. tapi makan sayur dia suka. apakah bila anak sering terbentur kepala bagian belakang ada tanda kurang keseimbangan? keponakan saya laki-laki umur 2 tahun 4 bulan, setiap dia jatuh pasti kepala bagian belakang terbentur. Tapi bila dilihat dari perkembangannya normal. terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Ibu. Memang usia anak Ibu saat ini rawan sulit makan. Namun itu termasuk dalam proses pertumbuhannya dan sebaiknya digunakan sebagai kesempatan untuk memperkenalkan segala jenis makanan pada anak Anda. Mengenai ketidaksukaan anak terhadap jus buah atau buah mungkin dapat disiasati dengan mencoba menggunakan alat makan berwarna-warni yang lucu, atau dengan bentuk-bentuk yang lucu  (misal: pesawat terbang, burung, terdapat gambar kesukaannya, dll) yang bisa diperoleh di pusat perbelanjaan. Hal ini mungkin dapat membantu menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Ibu mungkin dapat mencoba mangkuk, piring atau gelas yang berwarna-warni dengan gambar-gambar yang anak Ibu sukai. Atau, Ibu dapat memberikan hadiah seperti stiker setelah ia selesai makan. Jangan gunakan stiker sebagai iming-iming, namun berikanlah hadiah tersebut ketiak ia berhasil menghabiskan buah atau jus buahnya.

Mengenai keponakan Anda, apakah ia selalu terbentur? Kapan saja ia terbentur? Apakah selalu terbentur? Hal ini perlu ditelusuri lebih lanjut, apakah terdapat masalah pada fisiknya. Untuk itu, jika keluhan dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya keponakan Anda dibawa ke dokter spesialis anak untuk evaluasi langsung sehingga segera terdeteksi bila ada masalah.

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  1.  Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

  2. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

  3. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan. Buah dapat dimasukkan dalam puding, jeli atau sop buah.

  4. Bentuk buah dapat dicetak bervariasi dengan bentuk-bentuk yang lucu, seperti semangka yang dibuat bentuk bintang atau bulan sabit, dll.

  5.  Berikan jadwal makan buah teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  6.  Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  7.  Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  8. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang sehingga dan membuat anak tidak mau makan. 

Semoga berhasil dan semoga anak Anda sehat selalu.


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar