Sukses

Risiko Kehamilan Usia Tua

18 Oct 2014, 23:41 WIB
Wanita, 43 tahun.
Salam Dok. Saya tanya smp dg usia berapa seorang wanita bisa hamil, & mengapa usia diatas 40th bila terjadi kehamilan diprediksi bisa menyebabkan ke cacatan pd janin, smp berapa % kemungkinan kecacatan ini terjadi (antara janin sehat dg janin cacat) (apa ada jalan untuk menghindari kecacatan ini). Apa yg menyebabkan kecacatan ini. Program bayi tabung apa juga ada kemungkinan terjadi kecacatan pada janin.terima kasih atas info.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan penelitian, usia reproduksi yang sehat untuk wanita adalah 20-30 tahun. Sebaiknya seorang wanita berhenti melahirkan di atas usia 30 tahun. Ketika seorang wanita di atas usia 35 tahun hamil, maka kehamilan tersebut termasuk dalam kehamilan dengan risiko tinggi.

Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang memiliki bahaya lebih besar dibandingkan kehamilan normal, demikian juga dengan proses persalinannya.

Cacat janin pada kehamilan usia tua terkait dengan kondisi sel-sel telur yang biasanya sudah tidak lagi baik.

Pada program bayi tabung, biasanya dapat dilakukan pemilihan sel telur yang baik untuk dapat dilakukan pembuahan sehingga risiko terjadinya cacat janin dapat sedikit berkurang walaupun risiko tersebut masih ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar