Sukses

Napas Sesak dan Berat

20 Oct 2014, 11:06 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok.. saya mau menanyakan mengenai sakit yang saya rasakan.. sudah hampir seminggu ini saya mengalami nafas berat dan pendek,saya sudah periksa ke dokter sp penyakit dalam dan di diagnosa asam lambung yang naik, keluhan yg saya rasakan adalah nafas pendek dan berat,badan terasa pegal pegal,rasa seperti tertusuk dan panas didada sebelah kiri,dan rasa tidak nyaman diperut bagian atas bila ditekan terasa mual.. yang ingin saya tanyakan apakah sakit yang saya rasakan ini memang benar maag dok? ataukah ada gejala penyakit jantung? sakit yang saya rasakan ini dimulai dari agustus akhir,dan hilang setelah saya minum obat herbal.. namun baru seminggu ini rasa sakit itu muncul kembali.. sebagai informasi sejak agustus saya merasakan sakit saya sudah bolak balik ke RS 5 kali dan diperiksa oleh 5 dokter yg berbeda dan juga sudah di ronsen.. namun semua dokter mendiagnosa sakit saya adalah karena asam lambung yang naik Mohon informasinya dok Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan keluhan sesak, perut terasa begah, biasanya merupakan maag yang meluas sehingga asam lambung naik ke kerongkongan atau disebut dengan GERD.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang salah satunya disebabkan lemahnya otot sphincter esophagus dan menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

 

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Penderita juga dapat merasakan sesak napas, mual, muntah, perut kembung.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, alkohol, rokok dll. Bagaimana dengan anda?

Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti 

 Pengobatan GERD meliputi banyak hal. Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:

  • Obesitas dan kelebihan berat badan adalah lebih cenderung menderita dari GERD dan gejala terkait. Berat pengurangan sering membantu dalam mengurangi gejala GERD.

  • Perokok adalah pada risiko yang lebih tinggi GERD. Berhenti penggunaan tembakau membantu pasien dengan GERD.

  • Pasien yang dianjurkan untuk makan lebih kecil dan lebih sering makanan daripada makan besar tiga kali sehari. Makanan terakhir hari harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.

  • Makanan dan minuman lain memicu termasuk alkohol, kopi, cokelat, tomat, atau makanan berlemak atau pedas. Ini harus dihindari.

  • Menghindari mengenakan pakaian ketat terutama di sekitar perut juga meningkatkan gejala GERD.

  • Meningkatkan ujung kepala tempat tidur oleh sekitar 20 cm (8 inci) dengan menempatkan irisan atau blok di bawah ini akan membantu untuk mengurangi gejala GERD. Bantal tambahan tidak disarankan sebagai mereka meningkatkan tekanan atas perut.

  • Pasien pada obat-obatan yang meningkatkan risiko GERD disarankan untuk menghentikan obat atau disarankan asam menetralisir atau mengurangi obat dalam hubungannya seperti: nitrat, antikolinergik, antidepresan trisiklik, NSAIDs.
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi. Anda sudah mengunjungi dokter dan sudah dilakukan pemeriksaan. Bagaimana hasil rontgen dan pemeriksaan rekam jantung (EKG) Anda? Jika memang dari hasil pemeriksaan tidak ada masalah jantung, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Cobalah untuk menjalankan tips di atas dan pantau perkembangannya. Kunjungilah dokter jika keluhan Anda tidak jugamereda.

 

Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda, dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok dan juga stress dapat  merangsang asam lambung. Usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari. Untuk menghindari makanan yang dapat membuat kembung, coba bacalah artikel : 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar