Sukses

Produk Peninggi Badan

14 Nov 2013, 09:47 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok apakah produk peninggi badan (NHCP) itu baik unt pertumbuhan . Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu saya jelaskan.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. 

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :
Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
 
Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada tulang panjang yang mempengaruhi tinggi badan baru akan menutup pada usia 18-21 tahun pada pria.

Terkait asupan nutrisi, tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang selama lempeng pertumbuhan tulang belum menutup. Jika lempeng pertumbuhan tulang sudah menutup maka asupan nutrisi berguna untuk menjaga kepadatan tulang namun tidak berpengaruh terhadap penambahan tinggi.

Suplemen untuk meningkatkan tinggi badan belum dapat diketahui efeknya jika tidak diketahui isi atau bahan aktifnya. 

Sehubungan dengan produk yang Anda tanyakan disebutkan mengandung kalsium dan vitamin D. Suplemen tersebut bak untuk menjaga kepadatan tulang Anda, namun pada usia Anda tidak lagi berpengaruh terhadap pertumbuhan tingi badan. Pada usia Anda, rekomendasi asupan kalsium adalah 1000 mg per hari dan vitamin D 600 mg per hari, baik dari makanan sehari-hari maupun tambahan suplemen.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar