Sukses

Kelainan Tiroid

13 Nov 2013, 13:42 WIB
Pria, 40 tahun.
kami mau nanya waktu saya cek unt teroid awal hasilnya FT4 normal tp TSHs kurang dari 0.004 atau bintang? apa artinya? kalau harus periksa lagi ke dokter spesialis apa ya? saat sekarang ini sehat2 aja tp dulu masih kecil kerap diberi obat tidur ama pembantu setiap hari dan masih kecil jg pernah tidak bisa jalan (membret tembok istilahnya tp sekarang udah normal.. cuma tangan suka gentar... mohon petunjuknya dok?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun sebelum melanjutkan izinkan kami memberikan sedikit informasi mengenai Tiroid.

Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan. Fungsi utama kelenjar tiroid adalah mengeluarkan hormon yang membantu mengatur metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.

Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid adalah tiroksin (T4) dan tri-iodothyronine (T3). Kadar kedua hormon ini yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Pada orang dewasa, kadar TSH normal adalah 0,4-4,5 mIU/L. Sedangkan pada bayi, kadar normal TSH adalah 3-18 mIU/L. mIU/L adalah singkatan dari mili-Internasional unit per liter. Kadar TSH yang berada di luar kisaran tersebut diklasifikasikan sebagai hipotiroidisme atau hipertiroidisme. Kadar 0.004 bisa jadi penanda terdapatnya hipertiroid. 

Anda kami anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialis endokrinologi. Agar dapat diketahui dengan pasti kondisi yang Anda alami saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

Salam Tim redaksi KlikDokter

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar