Sukses

Bagaimana Cara Menurunkan Kadar ASTO ?

19 Oct 2014, 19:37 WIB
Pria, 25 tahun.
salam dok, saat ini saya sedang mengidap demam rematik dengan kadar asto yang lumayan tinggi sebesar 3200 dan syukurnya demam rematik tersebut belum menyebabkan penyumbatan klep jantung, apakah ada pengobatan dan cara khusus untuk menurunkan kadar asto tersebut agar kembali normal? terima kasih atas jawabannya
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami saat ini. Pertama tama izinkan saya menjelaskan sedikit mengenai ASTO.

ASTO (Anti-Streptolysin Titer O) adalah suatu tes untuk mengukur titer antibodi sebagai penanda apakah pernah terinfeksi dengan bakteri Streptococcus beta hemolyticus. Yang dikhawatirkan dari riwayat infeksi tersebut adalah dapat menimbulkan komplikasi ke jantung dan ginjal. Pada prinsipnya dokter tidak mengobati hasil laboratorium (ASTO yang tinggi), tapi adakah keluhan selain ASTO tinggi? 

Antibiotik biasanya diberikan untuk menanggulangi reaksi infeksi yang terjadi (Tonsilitis, Pneumonia, Glomerulonefritis) bahkan demam rematik (reumatics fever) seperti yang Anda alami saaat ini. Sayangnya hingga saat ini (sepengetahuan kami) belum ada terapi atau obat obatan khusus yang dapat menurunkan nilai ASTO. 

Oleh karena itu, tetap berkonsultasi dan jaga kondisi Anda, agar Anda tetap terhindar dari peluang peluang terjadinya kelainan katub jantung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

Salam Tim redaksi KlikDokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar