Sukses

Pemakaian Obat Kumur

18 Oct 2014, 07:46 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok,apakah baik menggunakan mouthwash 2x sehari secara rutin? amankah berkumur dengan mouthwash yg mengandung alkohol? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Saudari.

 

Kebutuhan akan obat kumur bergantung dari keadaan gigi dan rongga mulut seseorang, berdasarkan jenisnya obat kumur dapat dibagi menjadi dua yaitu obat kumur kosmetik dan obat kumur terapi. Obat kumur kosmetik berfungsi sebagai kontrol atau mengurangi bau mulut serta memberikan rasa yang lebih nyaman dalam mulut. Obat kumur terapi lebih diindikasikan pada kondisi tertentu dalam rongga mulut, seperti untuk menanggulangi penyakit ginggivitis,mengurangi plak, lubang pada gigi dan bau mulut.

Berkumur dengan obat kumur yang mengandung alkohol adalah aman, asalkan dilakukan sesuai indikasinya. Anak-anak usia 6 tahun kebawah dan wanita hamil tidak direkomendasikan memakai obat kumur dengan kandungan alkohol. Penggunaan obat kumur tidak perlu sering, 1 kali sehari adalah cukup. Untuk lebih jelasnya saya menyarankan Saudara berkonsultasi langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan gigi serta rongga mulut sehingga juga dapat direkomendasikan obat kumur yang sesuai kebutuhan rongga mulut Saudara.

Demikian informaasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

Drg. Arni Maharani

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar