Sukses

Hamil Atau Tidak

12 Nov 2013, 15:01 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dear Dokter Dok, saya melakukan tes urin untuk uji kehamilan kira2 4 hari yg lali. Hasilnya ada 2 garis, dan satunya samar tp bisa dilihat. Kemudian saya kontrol ke dokter kandungan, dari hasil usg, dokter menyatakan kalau rahim saya membesar tapi kantong bayi belum terlihat. kemungkinan besar hamil atau mau menstruasi. yang saya tanyakan, kalau memang saya mau mesntruasi/tidak hamil apakah mungkin test pack saya hasilnya bisa positif? apa yg harus saya lakukan dok, mohon saran Tx Dian
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.Kalau sedang haid tidak mungkin test pack postif oleh karena test pack itu untuk menditeksi hormon hCG tersebut. Untuk memastikan anda hamil atau tidak, coba lakukan test pack lagi saja bu. Test pack dapat menunjukkan keadaan positif palsu oleh beberapa hal seperti tumor yang mengeluarkan hormon hCG namun hal ini sangat jarang terjadi. 

 

Kehamilan juga dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat diulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila medmang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA).
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar