Sukses

Pendarahan Setelah Stop KB

12 Nov 2013, 12:00 WIB
Wanita, 19 tahun.
SUDAH HAMPIR 1 TH SAYA PAKAI ALAT KONTRASEPSI LALU BULAN INI SAYA BERHENTI MEMAKAI KB HORMONAL. DAN BERALIH KE KB MANDIRI (MENGHITUNG MASA SUBUR). TP, MASIH 10 HARI SEJAK HARI TERAKHIR HAID KOK SUDAH HAID LAGI??? APA INI TIDAK APA APA?? MOHON PENJELASANYA??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Salah satu efek samping dari penggunaan KB yang berkepanjangan adalah ketidakseimbangan hormonal. Salah satu gejala dari ketidakseimbanagn hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Kemungkinan perdarahan/haid yang Anda alami adalah efek samping dari KB. Memang efek hormonal yang ditimbulkan masih dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Namun, kami menyarankan Anda  bila kejadian ini masih berlanjut dan berkepanjangan coba anda pemeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan fisik apakah perdarahan yang Anda alami adalah karena efek samping atau ada masalah fisik lainnya pada daerah kewanitaan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar