Sukses

Posisi Gendong 'Pekeh'

19 Oct 2014, 17:13 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok umur brapa bulan bayi boleh di gendong pekeh? apa dampaknya klo blm saatnya sudah digendong pekeh? apa kakibayi bisa pengkang atau berbentok O saat bayi besar nantinya? Terima kasih..
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Secara medis belum terdapat penelitian khusus mengenai posisi menggendong 'pekeh'. Berdasarkan informasi yang kami temukan, di beberapa kultur tertentu anak usia 7 bulan sudah mulai digendong secara 'pekeh' tanpa takut terdapat deformitas atau gangguan terhadap tumbuh kembang Anak. 

Mengenai bentuk kaki X dan O, hal ini memang merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita. Kaki X atau di dunia medis disebut sebagai genu valgum, dan kaki O atau genu varum merupakan gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Penyebab kelainan ini sifatnya multifaktorial, faktor genetik atau keturunan merupakan salah satunya, akan tetapi juga ada sejumlah faktor lain, yaitu:  

  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki melengkung ke dalam.

Untuk itu sebagai orang tua yang cerdas, kami sangat yakin bahwa Anda dapat mendeteksi kelainan kelainan tersebut sedini mungkin. Segera konsultasikan kondisi tersebut kepada pakarnya sebelum terlambat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Redaksi KlikDokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar