Sukses

Exopthalmos

17 Oct 2014, 17:52 WIB
Wanita, 18 tahun.
dok saya kok ngerasa lama semakin saya dewasa mata saya makin belo sekali hmm sepupu saya juga bilang begitu waktu kecil mata saya ngga belo2 bgt belonya seakan seperti mau keluar hmm saya juga baru tau ternyata ibu saya pernah terkena tiroid apa ini bs mempengaruhi saya dan ada hub nya dgn mata saya.thx
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Mata yang menonjol ke luar disebut exopthalamos atau protisis dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit hipertiroid, tumor, kista dan banyak lagi. Walaupun memang penyabab paling sering adalah penyakit hipertiroid. Memang untuk hal ini kami menganjurkan agar anda melakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid. Nanti mata anda akan diukur dengan exopthalmometer dan akan dilihat seberapa besar penonjolan mata. Anda dapat melakukan hal  ini di dokter spesialis penyakit dalam. 

Pada kebanyakan orang bila penonjolan mata disebabkan oleh keadaan hipertiroid maka bila diobati hipertiroidnya, penonjolan mata dapat hilang sendiri. Bedah mata dilakukan saat penyakit hipertiroid sudah stabil selama 6 bulan, dan bila penonjolan mata ini merusak aliran saraf. Beberapa jenis operasi dapat dilakukan juga untuk memperbaiki kelopak mata, dan organ-organ dalam mata bila sudah terjadi komplikasi. 

Yang perlu dikhawatirkan lagi adalah kekeringan dari mata yang disebabkan oleh penonjolan mata oleh karena kelopak mata tidak dapat menutup. Oleh karena dapat terjadi kekeringan mata, maka biasanya dokter akan memberikan lubrikan untuk mata. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (AK)
Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

 
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar