Sukses

Obat Peninggi Badan & Penggemuk Badan

19 Oct 2014, 21:52 WIB
Pria, 22 tahun.
salam dok ..dok apakah mengkonsumsi obat obatan penggemuk badan dan peninggi badan obat di pasaran efektif hasilnya atau berbahaya belum nyoba sih? ataukan ada saran dokter bagaiamana cara tambah tinggi dan gemuk secara baik atau mungkin bisa di saranin obat apa namanya dan dapat beli dimana terimakasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
 
Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu saya jelaskan.
Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. 

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :
Anak laki-lak i= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
 
Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada tulang panjang yang mempengaruhi tinggi badan baru akan menutup pada usia 18-21 tahun pada pria.

Suplemen untuk meningkatkan tinggi badan ataupun penggemuk badan belum dapat diketahui efeknya jika tidak diketahui isi atau bahan aktifnya. Selain itu efek suatu bahan kimia perlu diteliti untuk lebih tepat mengetahui efeknya bagi tubuh. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mendukung penggunaan obat-obat atau suplemen peninggi badan, sehingga sulit untuk menentukan bahwa suatu suplemen dapat berhasil untuk meningkatkan tinggi badan. Yang diperlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan. Hal ini pun efektif dilakukan selama lempeng pertumbuhan belum menutup. 

Mohon maaf kami tidak diperkenankan untuk menyebutkan atau merekomendasikan produk produk tertentu, karena melanggar kode etik kami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar