Sukses

Retraksi Payudara

18 Oct 2014, 20:26 WIB
Wanita, 38 tahun.
dok saya mau bertanya kenapa ya puting payudara saya yg satu tengahnya masuk kedalam sedang yg satu lagi tidk apakah ini efek jga 5 tahun yg lalu aku pernah operasi ada bisul disekitar puting saya tp kenapa baru beberapa bln ini masuk y dah gitu waktu aku menyusui anakku mereka lbh suka yg satunya yg bermasalah agak jarang apakah itu bisa diartkan gejala kanker payudara dok sebelumnya trima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Puting wanita berbeda-beda dan terdapat beberapa variasi yang masih normal untuk bentuk puting wanita. Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan penarikan puting, disertai dengan nyeri dada, keluar cairan dari puting, atau teraba  benjolan di payudara. Namun jika tidak ada keluhan tersebut, bisa jadi anda hanya memiliki variasi normal dari puting susu.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah bentuk puting susu Anda dapat berubah harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Apabila bentuk puting Anda hanya merupakan variasi normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan tidak akan mengganggu fungsi Anda sebagai seorang wanita. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter. 

Bentuk puting tersebut sudah adanya sejak lahir, sehingga dari segi medis (selama tidak ada keluhan lain), tidak perlu dilakukan terapi tertentu.

Demikian penjelasan kami. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.(AK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar