Sukses

Kontrasepsi Menyebabkan Vagina Gatal

11 Nov 2013, 17:11 WIB
Wanita, 26 tahun.
siang dok, sya baru lepas kb suntik 6bln yg lalu,trus baru dapat haid dua minggu yg lalu,,tp sebelum haid sy merasa gatal pada miss v,dan setelah itu baru keluar haid,tp haidnya berwarna coklat pekat,selang seminggu keluar lagi,setelah berhenti miss v sy msih gatal...knp ya dok?apa itu normal...atau tanda-tanda hamil... mhn informasinya ya dok terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Penggunaan KB suntik memang dapat memberikan efek flek-flek seperti yang Anda alami. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan keluhan tersebut akan hilang jika penggunaan KB dihentikan.

Mengenai kehamilan Anda, hal hal yang Anda deskripsikan bukan merupakan tanda tanda kehamilan. Gunakan test pack untuk mengetahui bahwa Anda hamil atau tidak. Rasa gatal pada vagina Anda biasanya tidak disebabkan oleh kontrasepsi, namun karena kelembaban atau pH yang terganggu. Jaga selalu higienitas area kewanitaan Anda, agar keluhan gatal dapat berkurang. 

Dalam memilih jenis kontrasepsi yang tepat memang dapat memberi kesulitan tersendiri. Jika Ibu tidak nyaman dengan efek samping dari kontrasepsi hormonal yang saat ini Anda pakai, tidak ada salahnya menggunakan kontrasepsi non-hormonal seperti spiral, diafragma atau kondom. 

Untuk panduan informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel mengenai Serba-Serbi Metode Kontrasepsi. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar