Sukses

Glukosamin & Kondroitin

19 Oct 2014, 19:09 WIB
Pria, 27 tahun.
Selamat siang dok, Dok saya mau tanya, kalau dengkul itu suka bunyi "pletak-pletok" kalau kita dari jongkok menuju berdiri, kalau kaki berpindah gerak, itu gara2 nya kenapa ya dok? apakah wajar? sekarang banyak promosi dari obat "Viostin DS", susu "Hilo", yang banyak kandungan Glukosamin dan Kondornitin, bagaimana pendapat dokter apakah itu ngaruh untuk sendi dan tulang secara signifikan? Terima Kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Bagian lutut kaki yang berbunyi "pletak-pletok" seperti yang Anda sebutkan. Dapat disebabkan karena masalah pada otot, tulang atau persendian. Karena dapat disebabkan berbagai hal maka kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung jika keluhan dirasa sangat mengganggu.

Mengenai Glukosamin yang Anda tanyakan, bahwa pada dasarnya glukosamin adalah zat alami dalam tubuh manusia. Senyawa ini berupa amino yang dipercaya untuk membantu membentuk dan memperbaiki kondisi tulang rawan antara tulang dan sendi. Glukosamin juga dijual dalam bentuk suplemen makanan. Suplemen ini di klaim mampu mengurangi gejala radang sendi dengan membantu untuk membangun kembali tulang rawan. Lebih khusus, Glukosamin dipercaya untuk membantu meringankan beberapa gejala yang berkaitan dengan osteoarthritis, dan penyakit sendi degeneratif. Biasanya, Glukosamin sering dijual dalam sebuah formulasi dengan condroitin dan kadang-kadang dengan senyawa lain seperti anti oksidan.

Penelitian terakhir yang dilakukan oleh The University of Utah, School of Medicine, Salt Lake City, UT menyebutkan bahwa penggunaan glukosamin dan kondroitin terbukti mengurangi rasa nyeri pada OA namun belum terbukti secara klinis bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan penggunaan placebo. 

Demikian kiranya informasi yang dapat kami berikan, Semoga bermafaat bagi Anda. (AK)

Tim Redaksi Klikdokter



 

    0 Komentar

    Belum ada komentar