Sukses

ISK dan Osteoporosis

17 Oct 2014, 05:44 WIB
Wanita, 52 tahun.
Dok, ibu saya terkena kerapuhan tulang. Tulang bengkok tapi masih dalam tahap yang ringan plus terkena infeksi saluran kemih. Sekarang di buat buang air kecil sudah agak tidak sakit lagi namun ibu saya mengeluhkan masih nyeri di sekitar pinggang sampai ke perut. Itu kira - kira kenapa ya Dok ? Apakah rasa nyeri tersebut pengaruh dari tulang belakangnya yang bengkok ? Apakah ibu saya perlu bed rest total Dok?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Secara Anatomis kerapuhan tulang (osteoporosis) dan Infeksi Saluran Kemih tidak memiliki keterkaitan. Nyeri yang menjalar dari pinggang hingga ke perut bisa jadi merupakan sebuah reaksi infeksi saluran kemih. Periksakan kondisi Ibu Anda ke dokter Spesialis Urologi agar dapat diberikan terapi yang sesuai dengan yang Ibu Anda alami.

Mengenai keluhan kerapuhan yang Ibu Anda alami, secara definisi sebuah kondisi osteoporosis adalah suatu keadaan yang ditandai dengan massa (berat) tulang yang rendah dan kerusakan pada jaringan di dalam  tulang. Pada Osteoporosis, terjadi penurunan kualitas tulang dan kuantitas kepadatan tulang, padahal keduanya sangat menentukan kekuatan tulang sehingga penderita Osteoporosis mudah mengalami patah tulang atau fraktur.

Osteoporosis merupakan kondisi yang tidak menimbulkan gejala apapun selama beberapa dekade, karena osteoporosis tidak akan menimbulkan gejala sampai timbul fraktur atau patah tulang. Maka gejalanya tidak akan jauh dari tempat terjadinya patah tulang. Contohnya fraktur pada tulang belakang akan menimbulkan gejala seperti nyeri seperti diikat yang menjalar dari punggung ke sisi samping tubuh.

Faktor Risiko

  • Perempuan berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis, terutama wanita yang kurus atau mempunyai postur kecil, juga yang berusia lanjut.
  • Wanita kulit putih atau Asia, terutama yang mempunyai riwayat osteoporosis dalam keluarga, mempunyai risiko lebih tinggi dibanding wanita lain.
  • Perempuan yang sudah menopause.
  • Merokok, kelainan diet seperti anoreksia atau bulimia, diet rendah kalsium, peminum alcohol berat, gaya hidup tidak aktif, menggunakan obat tertentu dalam jangka panjang seperti kortikosteroid, anti kejang.

Pengobatan osteoporosis di fokus kan kepada memperlambat atau menghentikan kehilangan mineral, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengontrol nyeri sesuai dengan penyakitnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (AK)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter.

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar