Sukses

Tes Widal

20 Oct 2014, 10:24 WIB
Pria, 27 tahun.
Dear Dokter Yth, Perkenalkan kami ferry pramana seorang pegawai disalahsatu perusahaan makanan. ada pertanyaan kami yang berkaitan dengan proses medical check up, yang mana salahsatu parameter pengecekannya adalah widal test. menjadi pertanyaan kami, bagaimana cara pembacaan dari hasil widal test. apakah widal test direkomendasikan sebagai parameter pengecekan? atau sebaiknya dihilangkan saja?mengigat dari beberapa studi literature kami mendapatkan hasil dari widal test kurang dapat menjustifikasi hasil kesehatan seseoranf atas jawabannya kami ucapkan banyak terimakasih hormat kami, salam ferry pramana
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Dalam membaca pemeriksaan widal untuk diagnosis demam tifoid,  akan dinyatakan positif bila terdapat kenaikan titer 4x dari hasil pemeriksaan widal dasar (umumnya diperiksa ulang dalam jangka waktu 1 minggu). Diagnosis demam tifoid juga dapat diprediksi bila tes widal anti TO titer >= 1/160. Untuk pemeriksaan diagnosis akut demam tifoid akan lebih baik apabila menggunakan tes tubex dibandingkan dengan widal.

Walaupun keakuratan dari tes Widal belum maksimal, namun hingga saat ini jenis pemeriksaan Widal masih digunakan, karena sifatnya nya yang murah dan cepat. Pemeriksaan dengan IgG dan IgM memang jauh lebih akurat dari pada Widal namun karena harganya yang mahal, maka tidak dapat diterapkan terhadap semua pasien. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (AK)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar