Sukses

Kejang dan Demam Pada Anak

13 Nov 2013, 08:47 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, anak saya malam tadi sedikit kejang, bibir biru dan panas tinggi 39 derajat, sdh dibayar ke dokter, dirawat, hasil cek darah tidak ditemui kelainan, namun saya ragu dan dpt info, bahwa hasil cek darah saat ini, kadangkala tdak terdeteksi DBD, apa benar Dok? apa yang harus saya lakukan? bagaimana gejala2 DBD secara spesifik? Urgens Please Help Me. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kejang pada anak bermacam penyebabnya, di antaranya adalah demam, epilepsi, trauma pada otak, pengobatan tertentu, kelainan metabolik, dsb. Bila kejang terjadi pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Yang perlu diketahui adalah ketika anak Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah anak Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang bila tidak demam? 

Gejala DBD memiliki pola demam seperti pelana kuda, Artinya demam meningkat hingga hari ke 3, dan biasanya akan menurun pada hari ke-4 hingga ke-7 (fase kritis). Setelah hari ke-7 biasanya kondisi anak memasuki kondisi resolusi (perbaikan). Jika anak Anda mengalami kejang, maka perlu diketahui lebih lanjut penyebab dari kejang yang dialami. Oleh karena itu sebaiknya segera periksakan kondisi anak Anda ke dokter spesialis Anak secepatnya.

 

Untuk menjawab pertanyaan Anda, kami sertakan artikel: Demam Berdarah Dengue dan Kejang demam. Demam Berdarah Dengue sejatinya tidak menyebabkan kematian jika memang ditangani dengan cepat dan tepat. Keluhan yang ditangani segera dan tepat sasaran, akan mencegah komplikasi yang fatal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar