Sukses

Pencabutan Gigi pada Perawatan Behel

19 Oct 2014, 09:03 WIB
Wanita, 16 tahun.
Dok, gigi tengah atas saya renggang sejak kecil dikarenakan saya sering menggigit-gigit sedotan. Hal ini menyebabkan tumbuhnya gigi taring ditengah renggangnya gigi tengah atas saya. Sekarang, gigi taring itu sudah sebesar 1/2 gigi tengah atas saya. Menurut dokter, haruskah saya mengangkat gigi taring itu dan memasang kawat gigi? Sebenarnya gigi saya sudah cukup rapih, hanya gigi taring tersebut yang mengganggu. Saya takut apabila gigi tersebut diangkat akan mempengaruhi syaraf-syaraf penting, namun apabila tidak diangkat juga akan berbahaya dan tentunya merusak keindahan. Cukup sekian dan terima kasih atas jawaban dokter.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Saudari.

 

Akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai perawatan orthodontik (kawat gigi atau disebut juga behel) ada 2 macam , yaitu alat orthodontik lepasan dan cekat, masing-masing memiliki indikasi yang berbeda. Pasien dengan kelainan gigi yang ringan biasanya cukup dirawat menggunakan alat orthodontik lepasan. Untuk menentukan rencana perawatan , perlu dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan. Sebelum pemasangan kawat, gigi pasien perlu dicetak lalu dibuat model gigi, untuk memudahkan perhitungan kebutuhan ruangan dan mengevaluasi gigi mana saja yang perlu digerakkan. Selain itu juga perlu pemeriksaan radiografi (foto rontgen) terutama bila pasien direncanakan untuk dirawat dengan orthodontik cekat.

Perlu atau tidaknya perawatan orthodontik pada seorang pasien sebaiknya didasarkan pada pertimbangan medis yang diambil oleh dokter gigi secara profesional setelah dilakukan pemeriksaan, oleh sebab itu Saya menyarankan Saudara berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi .Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pencetakan rahang pasien agar dapat dianalisa kebutuhan ruangan yang berkaitan juga dengan pencabutan gigi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam.

Drg. Arni maharani

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar