Sukses

Lemas, Penurunan Berat Badan & Anemia

15 Nov 2013, 09:49 WIB
Wanita, 16 tahun.
Selamat sore, dokter. Saya ingin berkonsultasi tentang apa yang saya rasakan sejak saya kecil sampai sekarang. Sejak dulu, kepala saya sering pusing dan saya sering merasa mual bahkan muntah. Hal ini diikuti dengan semakin menurunnya gerak refleks, penglihatan, penciuman, pendengaran, dan kepekaan pada telapak tangan maupun kaki saya. Tak jarang, ketika saya sedang memegang suatu benda tiba-tiba benda itu terjatuh padahal saya sedang berada dalam keadaan sadar dan tidak mengantuk sedikitpun. Hal ini berlangsung makin sering. Selain itu, semakin lama semakin sulit bagi saya untuk memahami maksud dari perkataan orang lain dan mendengar apa yang mereka katakan. Penglihatan saya juga sering kabur, walaupun saya sudah memakai kacamata (saya minus 0,75 dan silinder 2,0.). Akhir-akhir ini, saya sering terkena vertigo yang akan semakin memburuk ketika malam hari disertai dengan mual, dan paginya vertigo itu masih akan membekas dan membuat saya mual hebat, dan terkadang muntah. Hal ini membuat saya sulit untuk menjaga keseimbangan saya sehingga saya sering kali menabrak semua benda yang ada di sekitar saya. Ketika bangun, badan saya terasa lemas sekali dan berat, nyeri dimana-mana. Hal ini terus berulang dan memburuk setiap waktu. Tubuh saya juga sering tiba-tiba lemas sekali dan kepala terasa berat, serta jantung berdebar. Menurut dokter, apakah gejala-gejala yang saya alami tersebut merupakan gejala dari kanker otak? Atau ada penyakit lain? Sebenarnya saya sudah sering mendatangi rumah sakit untuk apa yang saya alami ini, tapi mereka hanya menjawab "Anda hanya terkena anemia dan maag." kemudian mereka memberi saya obat maag dan obat anemia. Saya sudah meminum obat tersebut namun tetap saja penyakit-penyakit tersebut tidak hilang. Bahkan saya sering mual hebat setelah minum obat-obat itu. Kata ibu saya, dulu waktu saya masih balita saya pernah jatuh dan kepala saya terbentur dinding dengan cukup keras. Hal ini yang menyebabkan saya yang sewaktu itu sangat gemuk tiba-tiba perlahan-lahan menjadi kurus sampai sekarang. Sulit bagi saya untuk menggemukkan tubuh saya, padahal saya sudah makan banyak. Ditambah lagi, wajah saya selalu terlihat pucat. Saya rasa cukup sekian. Maaf kalau ada kata-kata yang sulit dimengerti atau tidak berkenan bagi dokter. Terima kasih atas kebaikan hati dokter untuk jawaban atas keluhan-keluhan saya di atas.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sulit untuk menentukan penyebab keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisis. Sejak kapankah keluhan ini Anda rasakan? Gejala-gejala yang Anda paparkan memang merupakan gejala neurologis atau saraf. Namun kondisi ini juga dapat merupakan bagian dari kondisi yang bersifat sistemik. Apakaht terdapat demam yang berkepanjangan? Merah-merah pada pipi atau pun tubuh? Apakah terdapat nyeri sendi yang berpindah-pindah? Apakah sering merasa silau? Dari data yang Anda berikan, Anda termasuk ke dalam gizi kurang. Anda memiliki riwayat penurunan berat badan serta anemia yang mungkin disebabkan oleh penyakit yang bersifat kronis (berkepanjangan). Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan laboratorium darah lengkap? 

Kami menyarankan Anda mengunjungi dokter anak untuk dilakukan evaluasi menyeluruh kembali. Sebelum itu, Anda dapat mencoba melakukan pemeriksaan darah di laboratorium yang mencakup: Darah Perifer Lengkap, Hitung Jenis, serta LED untuk informasi tambahan kepada dokter yang akan menangani Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar