Sukses

Madu untuk bayi: bolehkah?

19 Oct 2014, 05:26 WIB
Wanita, 30 tahun.
iya dok, kaki anak saya suka dingin walau diruangan yg tidak ber ac. pernah saya tanyakan, katanya gk pp, growth hormonnya lg keluar.. tentang madu, gk ada yg menyarankan dok, cm kan madu sangat bagus dok, nah sy berfikir supaya bayi saya sehat dan gk banyak masuk obat klo sakit misal batuk pilek, apa dikasih madu aja ya.. salah ya dok ? maaf ya dok, makanya sy tanya disini umut brp ya dok baru boleh diberi madu ? mks
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.


Madu memang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti: meningkatkan imunitas dan memiliki efek anti bakteri, anti viral dan anti fungal.


Meskipun madu terlihat baik dan alami bagi bayi Anda, namun pemberian madu, berdasarkan American Association of Pediatrics, tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak berusia kurang dari 12 bulan. Karena madu mengandung spora bakterium yaitu Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi dan bahkan dalam kasus yang jarang dapat menyebabkan infant botulism.


Spora ini tidak berbahya pada orang dewasa dan anak berusia di atas 1 tahun karena mikroorganisme ini secara normal dapat ditemukan pada usus.

Untuk itu, ada baiknya Anda dapat menunggu hingga anak Anda berusia di atas 1 tahun untuk memberikan madu. Jika anak Anda mengalami infeksi saluran pernafasan, ada baiknya Anda membawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Dan yang terpenting adalah perhatikan selalu asupan gizi anak Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)


Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar