Sukses

Sering marah & Jealous

20 Oct 2014, 09:09 WIB
Wanita, 20 tahun.
*dok kakak ipar saya sering marah marah tidak jelas, dan terkadang baik sekali , terkadang jelus tidak jelas padahal kami biasa2 saja, apakah ada yang salah dengan kakkak saya, bagaimana cara menghadapi jika dia bersikap seperti itu ,agar kami semua tenang dan tidak dengar dia marah2 terus setiap hari,, terimakasih,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang tidak mudah menghadapi situasi yang Anda alami. Kemungkinan kakak ipar Anda sedang mengalami stress atau mungkin sedang mengalami suatu masalah yang ia tidak dapat hadapi sehingga meluapkan emosinya tersebut pada orang sekitar atau bisa juga memang kakak ipar Anda memiliki sifat yang temperamental. Anda perlu mengamati, bagaimana sikapnya sebelumnya? Apakah memang dari dulu kakak ipar Anda mudah marah atau baru-baru saja? Jika baru-baru saja, kemungkinan besar kakak ipar Anda sedang mengalami suatu masalah yang tidak dapat ia selesaikan. Jika memang dari dulu, kemungkinan kakak ipar Anda memiliki masalah dan gangguan dalam kontrol diri. 

Stress sendiri merupakan suatu reaksi tubuh terhadap tuntutan pada seseorang. Stressor merupakan kondisi sekitar yang dapat memicu stress. Stress dibagi menjadi:

  • Stress Akut
    merupakan reaksi tubuh yang segera terhadap suatu ancaman, tantangan atau ketakutan. Respon stress akut bersifat segera dan stress, dan dalam kondisi tertentu dapat memacu adrenalin. Sebagai contoh adalah: interview kerja atau saat sedang mengerjakan test. Suatu episode stress akut yang berlangsung sesekali tidak akan menyebabkan problem bagi kesehatan. Namun jika dibiarkan dapat mengakibatkan gangguan mental dan bahkan gangguan fisik seperti serangan jantung.
  • Stress Kronis
    Stres yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti nyeri kepala dan insomnia. 

Manajemen stress yang efektif dapat dimulai dengan mengetahui sumber stress dan strategi untuk mengatasinya. Luangkan waktu dengan menuliskan selembar kertas 10 isu utama yang sedang Anda hadapi saat ini.

Stressor eksternal

  • Perubahan besar dalam hidup
    Bisa berupa kematian atau kehilangan seseorang yang dekat, pernikahan, kehamilan, perceraian atau lainnya.
  • Lingkungan
    Perhatikan bagaimana Anda bereaksi dengan lingkungan sekitar. Misalnya: lampu kamar yang terlalu terang atau terlalu gelap atau kebisingan dari luar rumah saat Anda ingin beristirahat.
  • Kejadian tidak terduga
  • Keluarga
  • Pekerjaan
  • Hubungan sosial dengan orang lain

Strategi untuk mengatasi stressor eksternal dapat berupa mengubah gaya hidup dengan diet yang sehat, aktif secara fisik atau tidur cukup. Anda juga dapat mencoba cara lain seperti: meminta saran dari orang lain, tanggapi stress dengan humor, belajar untuk asertif dan lainnya.

Stressor internal

Perasaan dan pikiran yang tiba-tiba muncul dalam kepala Anda dan membuat Anda tidak dapat tenang dan beristirahat disebut juga dengan stressor internal. Contohnya adalah:

  • Ketakutan
    Misalnya takut ketinggian atau takut berbicara di depan umum
  • Ketidakpastian
    Misalnya pikirkan bagaimana Anda akan bereaksi ketika menunggu suatu hasil tes medis yang ditunggu-tunggu
  • Keyakinan
    Hal ini dapat berupa sikap, opini atau ekspektasi.

Anda memiliki kemampuan untuk mengontrol pikiran Anda sendiri. Strategi untuk mengatasi stressor internal antara lain dengan mengubah cara Anda berpikir, menghilangkan pikiran negatif, optimis atau berbicara dengan orang terdekat yang dipercaya atau melalui konseling dengan psikolog atau psikiater.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar