Sukses

Anoreksia?

07 Nov 2013, 12:51 WIB
Wanita, 19 tahun.
Permisi dok, saya mau konsul dulu brt bdn saya 80 kg lalu sayadiet sampai skrg 62 namun saya tidak pernah makan sama sekali hanya makan buah dan cemilan kadang2 saya takut sekali dengan nasi, apabila setelah makan saya selalu merasa bersalah dan langsung olahraga berat selama 4 sampai 5 jam di gym, saya juga cenderung memakai obat pencahar kalau habis makan sesuatu, apakah saya termasuk penderita anoreksia nervosa? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kondisi yang Anda alami. Berdasarkan berat badan dan tinggi badan Anda, Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda sudah termasuk ideal, yaitu 22,7. Indeks massa tubuh sendiri diukur dari pembagian berat badan dibagi tinggi badan yang dikuadratkan. 

Anoreksia merupakan gangguan pola makan yaitu berupa membatasi makan secara esktrem atau berlebihan dan terobsesi dengan menurunkan berat badan. Dengan pembatasan makan tersebut, orang dengan anoreksia dapat mengalami pusing, sakit kepala, serta lemas, gangguan haid (tidak mens), depresi, gangguan mood, dll. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai perubahan pada sistem neuroendokrin yang dicetuskan oleh penurunan berat badan pada awalnya. Terapinya mencakup mengembalikan berat badan ke normal, menangani gangguan psikologis yang terkait, serta mengurangi tingkah laku atau pikiran yang pada awalnya mencetuskan gangguan. Konsultasikanlah dengan dokter spesialis psikiatri mengenai masalah ini. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar