Sukses

Perkembangan TBC Kelenjar

20 Oct 2014, 09:12 WIB
Wanita, 21 tahun.
selamat pagi dokter , saya ingin bertanya mengenai TB Kelenjar yang sebelumnya pernah saya tanyakan juga. saat ini saya ingin konsultasi , penderita tlh mengkonsumsi OAT slma 5bulan. pada saat ini benjolan yang muncul pada leher , yang awalnya posisi benjolan tersebut berada disekitar 5cm dibawah telinga , namun setelah 5bulan mengkonsumsi obat OAT benjolan tsb posisinya turun ke leher paling bawah di sekitar tulang bahu. apakah ini berbahaya dokter ? apakah sakit tsb bertambah parah . mohon penjelasannya .. terimakasih dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan. Apakah obat anti tuberkulosis (OAT) diminum secara teratur? Apakah ada keluhan batuk berdahak? Bagaimanan hasil pemeriksaan dahak dan rontgen paru? Bagaimana dengan hasil biopsi?

Pada penyakit TBC Kelenjar, salah satu tanda keberhasilan adalah mengempisnya pembesaran kelenjar, Pengobatan juga harus diselesaikan sesuai instruksi dokter, dan penderita perlu datang ke dokter untuk kontrol. Jika setelah kontrol diperlukan waktu tambahan, maka obat akan ditambah kembali. 

Keluhan benjolan pada daerah sekitar tulang bahu tampaknya bukanlah benjolan pada bawah telinga yang turun, namun adanya pembesaran kelenjar baru di daerah tersebut, atau memang sebelumnya tidak terdeteksi atau mungkin juga bukan pembesaran kelenjar. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik. Benjolan di bawah telinga yang sudah tidak teraba menandakan bahwa benjolan tersebut sudah mengempis. Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda untuk kontrol dan pemeriksaan langsung. Konfirmasi pemeriksaan langsung akan membantu dokter untuk menentukan penanganan selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar