Sukses

TBC, Kista, Miom, Anemia

07 Nov 2013, 14:46 WIB
Wanita, 35 tahun.
Selamat Pagi Dok, Saya mau tanya dok, Ada saudara saya yang sedang sakit dok, umurnya 35 th, dia ada penyakit kista, mium, dan juga flek paru, dia sebenarnya ingin untuk operasi untuk kista dan mium tetapi kondisi yang tidak memungkinkan tidak bisa untuk dioperasi karena adanya flek paru. Sekarang dia sedang dirawat dan malah terkena anemia. Sekitar 4 bulan yang lalu dia juga terkena anemia. Yang mau saya tanyakan kira2 apa penyebab anemianya? dan bagaimana sebaiknya mengobati anemia dan penyakit2 tersebut, penyakit mana dulu yang seharusnya ditangani terlebih dahulu? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Salam Saya untuk Saudara Anda. Saya turut prihatin dengan kondisi yang terjadi pada Saudara Anda.

Anemia yang terjadi pada Saudara Anda dapat disebabkan karena adanya penyakit kronis, dalam hal ini adalah infeksi TBC (tuberkulosis paru/flek paru). Untuk itu, Saudara Anda memang perlu tetap berobat secara teratur ke dokter dan menuntaskan pengobatan TBC (tuberkulosis paru/flek paru) sampai terbukti sembuh sehingga kemudian dapat dilakukan operasi terhadap mioma dan kistanya.

Anemia pada Saudara Anda akan membaik jika penyakit kronis teratasi, dalam hal ini TBC paru. Pastikan Saudara Anda berisitirahat yang cukup dan makan makanan bergizi. 

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar