Sukses

Rokok

18 Oct 2014, 03:38 WIB
Pria, 21 tahun.
maaf dok, yang saya tanyakan tidak berhubungan dengan konsultasi penyakit.. saya mahasiswa jurusan Teknik Informatika semester 7. saya mau mengusulkan penelitian untuk membuat aplikasi tentang perkiraan penyakit pengguna rokok.. yang mau saya tanyakan dok,, apakah penyakit yang di akibatkan rokok bisa diperkirakan dengan parameter banyaknya rokok di konsumsi dan berapa lama mengkonsumsi rokok...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hubungan antara faktor resiko merokok dengan munculnya beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, stroke, dan lainnya memang sudah dibuktikan. Namun hingga sekarang mengenai jumlah dan lamanya merokok belum ada angka pasti.

Sebab ada banyak faktor juga yang menentukan seseorang dapat sakit atau tidak, selain faktor resiko merokok misalnya genetis, atau hal lain seperti diet dan lingkungan. Misalnya saja kanker paru-paru jelas terkait dengan merokok, namun ada yang terkena kanker setelah 10 tahun merokok ada juga yang terkena kanker hanya setelah 2 tahun merokok, jadi memang untuk lama atau jumlah rokok yang dikonsumsi belum ada angka pasti yang ditentukan. Dan untuk mengetahui misalnya efek dalam tubuh yang disebabkan oleh rokok merupakan hal yang kompleks dan sulit sebab biasanya terjadinya pada sel yang sulit untuk dinilai.  

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar