Sukses

Rasa Nyeri Pada Tumit.

20 Oct 2014, 02:41 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, saudara perempuan saya, jika duduk agak lama dan sewaktu bangun tidur, sewaktu mau jalan, injak lantai,bagian tumit sebelah kanan terasa nyeri dan sakit sekali, sambil kesakitan, berdiri sebentar, kemudian jalan perlahan-lahan, setelah jalan tumit tsb tidak sakit lagi, hal tersebut sudah beberapa bulan belakangan ini, postur saudara saya agak sedikit gemuk, BB 66 kg, usia 39 thn, tinggi 160, mohon petunjuk dokter, apa yang harus dilakukan agar nyeri dan sakit tersebut hilang, jika diperlukan harus periksa ke dokter mana? Terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

 Terimakasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter.com.

Sebelum mengetahui apa yang terjadi pada saudara perempuan Anda, selain dari informasi mengenai keluhan yang Anda berikan tentunya juga dibutuhkan pemeriksaan langsung untuk menentukan kondisi dari tumit saudara Anda dan organ lain di sekitarnya.

Selain gejala nyeri seperti yang Anda paparkan, apakah terdapat:

  • Riwayat trauma atau cedera di daerah tumit?
  • Benjolan pada permukaan tumit atau pembengkakan secara keseluruhan, baik pada satu ataupun keduanya?
  • Kemerahan atau rasa panas pada daerah daerah tumit?
  • Apakah nyeri terus menerus atau hilang timbul?
  • Bagaimana sifat nyeri (nyeri berdenyut, nyeri seperti ditusuk)?

Untuk  memastikan penyebab, sebaiknya Anda mengunjungi dokter syaraf untuk pemeriksaan langsung tumit saudara Anda. Kelainan yang unilateral (sebelah) biasanya disebabkan oleh gangguan saraf atau juga gangguan struktur Anatomis yang membentuknya. Jika ternyata yang ditemukan hanya peradangan yang disebabkan oleh virus, umumnya keluhan akan menghilang sendirinya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti foto Roentgen agar diketahui dengan pasti apa penyebab dari keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar