Sukses

Terapi untuk ISPA.

19 Oct 2014, 23:10 WIB
Pria, 25 tahun.
dok, mau tanya obat untuk ISPA, gejala aku sering merasa radang tetapi bukan pas di tenggorokan, terasa di daerah saluran pernapasan atas tenggorokan di dalam. tidak pilek tp hidung saat pagi selalu mampet, tenggorokan berliak/ berlendir, gejala awal saat mau terjadi ispa ini pusing. antibiotik sama yg lainnya apa ya ?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influensa, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. 

ISPA sendiri cukup berbahaya, karena di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah) dan tuberkulosis (TB). 

Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. Oleh karena itu, pengobatan atau terapi yang diberikanpun, mengikuti gejala yang dialami. Selain Antibiotik, obat obatan yang bersifat simptomatik dapat diberikan (sesuai gejala). 

Periksakan diri Anda ke Dokter, agar dapat ditelusuri lebih lanjut penyebab hidung tersumbat Anda, karena diagnosis yang anda derita belum tentu ISPA.

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Pancaroba, Waspadai ISPA Dan Gastrointritis

Enyahkan ISPA dengan Terapi Garam

Peningkatan Suhu Iklim Potensi Penyakit ISPA Melonjak 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar