Sukses

Menjaga Berat Badan

04 Nov 2013, 07:34 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dok, saya perempuan 17 tahun. Tinggi 150 cm berat 50 kg. Dari dulu saya tidak pernah bermasalah dengan berat badan. Makan apa saja berat badan saya tetap stabil. Jika berat badan pun naik itu mungkin dalam setahun naik 3 kg saja. Terakhir stabil yaitu berat badan saya 44-45 kg. Selama 4 bulan terakhir ini, saya mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. Dalam 4 bulan saya naik 5 kg. Bahkan 2 minggu lalu saya masih 48 kg tapi sekarang sudah 50 kg. Perut juga menjadi buncit. Pola makan dan olahraga saya tidak berubah dari dulu. Bahkan pola makan lebih teratur (3x sehari) dan memang saya suka ngemil (keripik, coklat, dll). Olahraga 1 bulan sekitar 1-2x. Yang mau saya tanyakan adalah: 1. Kenapa tiba-tiba berat badan saya naik drastis? 2. Apakah ini gejala suatu penyakit atau pertumbuhan saya telah selesai? 3. Bagaimana cara menurunkan dan menstabilkan berat badan saya? Terima kasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan perhitungan Body Mass Index, saat ini berat badan Anda tergolong normal. Berat badan normal Anda dapat berkisar antara 45-55 kg. Untuk mempertahankan berat badan normal dan tidak semakin meningkat, maka yang perlu Anda perhatikan adalah dengan memperhatikan asupan kalori makanan berimbang dengan kalori yang dikeluarkan oleh aktivitas.

Kapan Anda mulai menstruasi pertama? Bagaimana dengan pola aktivitas Anda?

Berat badan yang naik tidak hanya dipengaruhi oleh asupan tapi juga oleh keluaran. Jika aktivitas Anda rendah maka berat badan Anda juga dapat naik. Proses pertumbuhan biasanya cenderung berkaitan dengan pertambahan tinggi dan berat badan bukan sebaliknya.

Strategi untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan kombinasi antara modifikasi diet, aktivitas fisik, kebiasaan dan hindari stress. Diet yang dianjurkan adalah makan yang secukupnya,  kurangi konsumsi makan-makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Kira-kira karbohidrat yang dikonsumsi  55-65% dari total energi. Buah-buahan, gandum  dan sayuran diperbanyak, dan kurangi konsumsi alkohol.  Sangat dianjurkan untuk melakukan diet rendah lemak, rendah karbohidrat simpleks, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dan protein.
Salah satu faktor yang tidak kalah penting untuk menjaga berat badan ideal adalah meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Yang terbaik adalah dengan  melakukan olahraga secara teratur. Adapun olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme.

Olah raga yang dapat diterapkan yang bersifat aerobik adalah seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar