Sukses

Apa bisa VBAC?

19 Oct 2014, 13:32 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok,sy dulu thn 2011 caesar karena gawat janin,kira-kira sy bisa VBAC?? en katanya low caesar kedua lebih sakit ya dibandingkan yg pertama?? krn sy pernah jenguk sepupu yang melahirkan caesar kedua katanya lebih sakit dan perawat2 di RS itupun mengiyakan dan katanya perawatanx lbh lama,mkx sy mau penjelasanx dok... krn setahu sy Krisdayanti(artis) wktu hbs caesar kedua,bskx dah bisa jalan.. apa krn obat2anx atw krn dokterx ya?? mksh
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran sekaligus keinginan Anda untuk melahirkan secara normal. Yang dilakukan oleh dokter Anda pada persalinan pertama Anda tidak salah.

Dahulu, sempat dicetuskan bahwa sekali melakukan persalinan cesar, maka selanjutnya harus terus dengan cesar. Namun, kini persalinan normal setelah sebelumnya bersalin cesar memang menjadi populer kembali, namun dengan catatan harus memperhatikan kondisi masing-masing ibu terlebih dahulu. Tidak semua ibu yang memiliki riwayat persalinan cesar dapat melahirkan kembali dengan cara normal. Kasusnya harus dilihat satu persatu. Sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai kondisi dan kemungkinan untuk melahirkan normal. Memang betul alasan pada persalinan cesar sebelumnya adalah kegagalan pada induksi persalinan, sehingga Anda tidak mengalami kemajuan dalam pembukaan jalan lahir.

Berikut beberapa syarat untuk melakukan persalinan normal setelah riwayat persalinan cesar atau disebut juga VBAC (Vaginal Birth After Cesarean):

  • Tidak lebih dari 2 kelahiran cesar yang menggunakan sayatan transversal rendah.
  • Tidak ada bekas luka rahim, kelainan atau riwayat rahim robek sebelumnya.
  • Petugas kesehatan harus siap untuk memantau atau melaksanakan persalinan atau merujuk untuk melakukan bedah caesar jika perlu.
  • Lokasi kelahiran Anda harus memiliki petugas yang tersedia pada akhir pekan dan malam hari jika kasus bedah caesar diperlukan.
  • Jika alasan awal kelahiran sesar tidak berulang kembali pada kehamilan ini
  • Anda tidak memiliki masalah kesehatan utama
  • Bayi dalam ukuran normal
  • Bayi kepala di bawah

Sedangkan VBAC tidak direkomendasikan dalam situasi:

  • Jika Anda sedang hamil dengan kembar
  • Jika Anda memiliki diabetes
  • Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi

Berikut link artikel yang berkaitan dengan pertanyaan Anda:

Sekali Caesar Selamanya Caesar?

Diskusikanlah dengan dokter yang merawat Anda mengenai kemungkinan Anda untuk menjalani VBAC. 

Nyeri pasca operasi dapat dipengaruhi beberapa hal. Umumnya pada operasi caesar yang ke-2 dan seterusnya, proses penyembuhan luka lebih mudah. Penanganan nyeri yang baik dengan obat-obatan tertentu juga mempengaruhi. Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Ibu tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan  mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (PNA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar