Sukses

Berhubungan Intim Saat Hamil

03 Nov 2013, 11:42 WIB
Pria, 28 tahun.
Dear klikdokter.com saat ini istri saya mengandung usia 8 minggu. kondisi kandungan sehat. ada pertanyaan yang enggan saya tanyakan langsung kepada dokter kandungan kami. apakah sebaiknya sperma dikeluarkan di dalam rahim atau diluar rahim saat kondisi istri sedang hamil? adakah pengaruh buruk dari sperma terhadap usia kandungan? terimakasih atas jawabannya Salam, Adi Wibowo
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berhubungan intim dalam kehamilan tetap diperbolehkan asalkan tidak ada keluhan yang mengikuti seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang. Sedangkan janin tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta. Kontraksi rahim yang muncul saat orgasme pun tidak cukup kuat sehingga tidak mencetuskan persalinan. Ejakulasi atau pengeluaran semen juga dapat dilakukan dalam vagina dan tidak berpengaruh pada kehamilan.

Perlu diperhatikan juga agar tidak melakukan hubungan intim jika terdapat keputihan yang abnormal. Posisi yang dianjurkan adalah posisi perempuan di atas terutama pada kehamilan triwulan ketiga. Apabila terjadi keluhan di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter kebidanan.

Pada usia kehamilan cukup bulan (37-42 minggu) dimana kepala janin sudah memasuki rongga panggul, tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual karena dikhawatirkan dapat menyebabkan perdarahan atau persalinan dini.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar