Sukses

Kualitas Sperma

01 Nov 2013, 17:22 WIB
Wanita, 24 tahun.
Hi Dokter, Saya dan istri sudah menikah selama 1 tahun. Saat ini kami sedang program kehamilan. Sebagai informasi, selama 1 tahun kami menikah, kami dipisahkan dengan jarak. Karena saya bekerja dikota yang berbeda. Frekuensi bertemu 1 minggu sekali saat weekend. Awal bulan yang lalu kami sudah konsultasi ke dokter kandungan. Istri saya diperiksa kandungan dan sel telurnya dengan tindakan USG, tidak masalah. Sementara ini dokter hanya menyarankan untuk berhubungan secara rutin saat memasuki masa subur istri saya. Program tersebut disarankan dijalankan selama min 6 bulan dan max 1 tahun. Jika tidak terjadi kehamilan, maka dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan HCG dan analisa sperma. Dari beberapa informasi yang saya dapat, disebutkan sperma harus bagus dan berkualitas serta dalam jumlah banyak. Pertanyaan saya : 1. Apakah kita bisa melihat jumlah sperma dengan kasat mata ? 2. Bisakan menilai kualitas sperma dengan kasat mata? 3. Jika saat berhubungan saya menggunakan kondom, lalu saat ingin ejakulasi kondom saya lepas dan sperma saya keluarkan di dalam vagina, apakah ada masalah dengan kualitasnya? Sekian dan Terima Kasih dok..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya memahami kendala yang anda alami.

Secara kasat mata sulit menilai kualitas sperma, anda tidak dapat melihat sel sperma pada cairan mani, karena ukuran sperma sangatlah kecil dan membutuhkan pembesaran mikroskop. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kualitas sperma suami,:

  • Temperatur yang tinggi
    Peningkatan suhu pada skrotum dapat mengganggu aktivitas produksi sperma. Untuk menjaga kesuburan, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, meletakkan laptop tepat pada paha/selangkangan Anda, berendam di air panas dan sauna. Jika harus bersepeda, naik motor atau duduk terlalu lama, beristirahatlah sejenak.
  • Rokok
    Rokok dapat menurunkan jumlah sperma, pergerakkan sperma dan merusak bentuk sperma
  • Alkohol & obat narkotika
    Konsumsi alkohol dan narkotika dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma
  • Pelumas saat berhubungan seksual
    Pelumas, termasuk cairan ludah, jelly, lotion dan produk pelumas yang dijual bebas dapat menganggu pergerakan sperma

Mendengar cerita anda, sepertinya salah satu kendala yang anda alami adalah jarak dan frekuensi hubungan seksual. Saya menyarankan, jika anda sudah memeriksakan kondisi anda dan suami, cobalah untuk berhubungan secara rutin. Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar