Sukses

BAB Anak Tidak Lancar

01 Nov 2013, 17:15 WIB
Wanita, 28 tahun.
dokter saya mau tanya bayi saya umur 6m2w saat ini sudah MPASI dan sblmnya ASI eks Pada tgl 18 oktober 2013 kmrn MPASI nya sy beri Jus jambu merah, sorenya BAB lancar dan banyak seperti biasa tgl 19 oktober 2013 MPASI jus jambu merah sore hari BAB sedikit tgl 20 Oktober 2013 MPASI jus jambu merah lagi tetapi tidak BAB sama sekali tgl 21 Oktober 2013 MPASI sy ganti jus melon dan tidak BAB juga pada hari ini 21 Oktober 2013 anak sy tidak mau MPASI jus melonnya, dia hanya mau ASI saja dan sampai hari ini dia belum BAB mau sy beri pepaya tapi saat awal dl pernah anak sy sedikit nangis saat BAB sesudah makan pepaya pertanyaan sy: 1. Kenapa anak sy bisa sembelit?padahal baru jus saja yang sy beri 2. Sudah saya pijat perutnya dgn pelan minum air putih juga belum BAB??dan anak sy masih terlihat aktif seperti biasa, apakah ini normal dokter? 3. Apa yang harus sy lakukan?dan buah apa yang bagus untuk mengatasi sembelit? makasih dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti kekhawatiran yang anda rasakan.

Pada dasarnya seharusnya BAB anak tidak sembelit. Kesukaran buang air besar pada bayi memang memusingkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan BAB sulit pada bayi, terutama yang mengkonsumsi susu formula yaitu konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, dan pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya. Namun itu jika anak anda mengkonsumsi susus formula, pada kasus anda penyebab lain meliputi lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air besar.

Saya menyarankan jika anak anda tidak BAB dan mengalami perut kambung agar anda membawa anak anda ke dokter anak untuk dilaukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar