Sukses

sakit jantung atau bukan

01 Nov 2013, 12:11 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dok, saya merasa takut dikarenakan saya merasa mempunyai penyakit jantung. tanda" yang saya alami 1. saya merasa nyari di dada saya (walau seringnya di dada kiri) 2. saya mudah lelah, setiap olah raga atau merasa lelah tanpa sebab saya terkadang sesak nafas, dan jika kelelahan yang sangat lelah, kaki saya menjadi sangat sakit 3. saya mengalami pegal di pundak dan leher 4. setiap kali saya marah dada saya sesak dan sakit 5. saya stres, dikarenakan problem keluarga 6. sebenarnya saya suka makan gorengan saat ini orang tua saya tak memperdulikan saya, jadi apakah say benar-benar memiliki penyakit jantung?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

 Bapak/Saudara yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

 

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

 

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung sudah kami jelaskan di bagian sebelumnya

 

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Dari keluhan yang Anda utarakan, tampaknya diperlukan pemeriksaan yang lebih mendalam seperti EKG. Konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis Jantung agar dapat diketahui secara mendetail keadaan yang anda alami.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

 

 

 

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar