Sukses

Mens Tidak Teratur

31 Oct 2013, 20:27 WIB
Wanita, 19 tahun.
saya 19 tahun, saya ini memiliki siklus haid yang tidak teratur, terkadang 3 bulan baru haid, kadang 2 bulan sekali, malah pernah saya datang bulan selama 1 bulan penuh. saya pernah periksa ke dokter kandungan, namun tidak ditemukan tumor atau kista dirahim daerah reproduksi saya, diduga hal ini disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon. pada saat itu saya hanya diberi obat untuk menghentikan pendarahan karena saya sudah haid selama 1 setengah bulan. lalu saya periksa lagi ke dokter umum, disaran kan untuk mengonsumsi pil KB. yang saya tanyakan, apakah benar pil KB dapat melancarkan siklus haid? apakah ada dampaknya untuk saya yang belum menikah? apakah ada solusi lain dari kasus saya ini? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Saya mengerti bahwa anda merasa khawatir karena anda tidak menstruasi secara teratur. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang haid yang normal.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Bagaimana siklus haid anda dalam 6 bulan terakhir? apakah ada stres dalam kehidupan? 

Pada umumnya haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Pada umunya diberikan terapi hormonal dan dapat juga dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan kadungan anda. 

Karena itu, kami menyarankan bila memang anda bingung, anda dapat memeriksakan diri anda ke dokter kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapinya. Karena bisa jadi tidak dijumpai kelainan serius yang mendasari keluhan anda ini.

Mungkin yang anda takutkan dengan mengkonsumsi pil kb adalah masalah kesuburan anda bukan? Pada dasarnya mengkonsumsi pil kb hanya akan mempengaruhi sistem hormon anda dan memang dapat membuat pola haid menjadi lebih teratur. Jika anda berhenti mengkonsumsi pil kb, pola haid anda akan kembali lagi dan kesuburan anda akan kembali lagi karena produksi sel telur akan berjalan lagi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Tim klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar