Sukses

Apakah Ini Depresi?

30 Oct 2013, 20:17 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, setiap kali saya mau pergi ke kantor untuk kerja, selalu ada rasa tidak enak badan, rasa enggan dan dibagian ke2 sisi tenguk terasa tdk nyaman, apa yg harus saya lakukan Dok? kondisi tsb terjadi 2 bulan belakangan ini, perlukah saya konsul ke dr. psikiater?Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti bahwa keluhan ras enggan pergi ke kantor ini pasti menganggu produktivitas anda.

Sebenarnya banyak penyebab dari perasaan enggan pergi ke kantor, apabila tidak ditemukan penyakit organik yang melandasi keluhan anda, bisa jadi keluhan ini adalah keluhan yang berhubungan dengan psikis anda. Apakah ada hal di kantor yang menyebabkan anda enggan pergi kesana? Atau mungkin beban pekerjaan yang menumpuk atau teman kantor yang tidak kooperatif?

Jika anda merasa tidak bergairah, malas beraktivitas dan merasa tidak ada dorongan untuk bekerja bisa saja ini gejala depresi, namun diagnosis ini pun harus didasarkan pada wawancara langsung dan pemeriksaan fisik secara langsung. Sebagai informasi tambahan bagi anda, untuk menegakkan diagnosis depresi harus ada 5 (lima) atau lebih gejala yang ditemukan di bawah ini selama periode dua minggu yang sama dan mewakili perubahan dari fungsinya sebagai individu sebelumnya ( dari 5 gejala yang ada minimal ada salah satu gejala mood depresi atau hilangnya minat atau bahagia)

  • Mood depresi hampir sepanjang hari, setiap hari ( merasa atau tampak sedih atau kosong) PS: pada anak-anak atau remaja dapat bermanifestasi sebagai mood yang mudah tersinggung.
  • Hilangnya minat atau keseangan yang jelas pada semua aspek atau hampir semua aspek sepanjang hari hampir setiap hari.
  • Penurunan berat badan yang bermakna, tetapi individu yang bersangkutan tidak melakukan diet atau olahraga yang rutin.
  • Insomnia atau hipersomniat tiap harinya.
  • Agitasi atau redartasi psikomotor (aktivitas atau gerakan motorik )
  • Kelelahan atau hilangnya energi tiap hari
  • Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah  yang berlebihan atau tidak tepat.
  • Hilangnya kemampuan untuk berpikir atau memutuskan sesuatu.
  • Pikiran akan kematian yang berulang.
  • Gejala menyebabkan penderitaan yang bermakna secara klinis atau gangguan dalam fungsi social, pekerjaan atau fungsi penting lainnya.
  • Gejala bukan efek psikologis langsung dari obat
  • Gejala tidak lebih baik diterangkan oleh dukacita yaitu setelah kehilangan orang yang dicintai, gejala menetap lebih dari dua bulan atau diikuti oleh gangguan lainnya.

Jika anda tidak merasakan keluhan diatas kemungkinan anda mengalami gangguan yang lain. Tentu sulit untuk menegakkan diagnosis murni berdasarkan cerita singkat anda. Saya menyarankan jika keluhan ini menganggu agar anda berkonsultasi dengan seorang psikiater, atau sekedar datang berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu juga dapat membantu.

Semoga informasi ini membantu dan anda lekas merasa baik. (AN)

Salam

Tim Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar